Ongkos Haji (BPIH) melambung tinggi, apa ada korupsi?

Kalibata, 20 Juni 2011

Sebentar lagi musim haji akan dimulai, dan seperti biasanya perdebatan persoalan besaran biaya haji (BPIH) menjadi sorotan tersendiri. Memang ironi, ditanah tempat kita merasa lebih dekat dengan sang Pencipta disana pula kita merasa curiga. paling tidak ini yang dirasakan sebagian calon jemaah haji, baik yang sudah mendaftar ataupun baru sekedar niatan.

Kita mungkin maklum tidak mudah mengurus 220.000 jamaah haji asal indonesia. Dan kita juga faham bahwa pelayanan jamaah haji adalah misi nasional dan dikatakan nirlaba, paling tidak itu yang digariskan dalam UU Haji (no.13 tahun 2008). Tapi, dibalik pemahaman dan niat kita untuk juga berhaji.. amin🙂 kita juga merasakan ada yang tidak beres dengan pengelolaan ibadah haji oleh kementrian agama. Paling tidak yang sering dikeluhkan adalah besaran biaya haji (BPIH) yang terus menjulang tinggi serta masih buruknya kualitas pelayanan.

Sekedar pemanasan sebelum kita kembali berdebat keras perihal biaya haji yang harus ditanggung jamah; baik biaya langsung (direct cost) maupun biaya tidak langsung (indirect cost). Oya, sebagai catatan penting uang yang berasal dari jamaah tidak saja berasal dari total pelunasan ongkos haji, tetapi juga berasal dari jasa bunga tabungan jamaah yang disimpan di rekening menteri agama.

Silahkan unduh pokok-pokok temuan serta dugaan penyimpangan biaya haji (BPIH) sejak tahun 1426H – 1431H yang sudah disampaikan ICW ke KPK. ICW_Presentasi Haji_KPK_1April2011

salam,

Firdaus Ilyas

Posted on 20 June 2011, in Haji, Unduh and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: